STRUKTUR PASAR

STRUKTUR PASAR

KONSEP DASAR DAN PEMBAHASAN SOAL-SOAL MASUK PTN

STRUKTUR PASAR. Pasar adalah pertemuan antara pembeli dan penjual. Maka harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar. Bekerjanya mekanisme harga melalui permintaan dan penawaran di pasar terlihat di pasar bebas, terutama dalam keadaan persaingan murni, dimana banyak penjual dan banyak pembeli untuk barang tertentu. Bentuk2 pasar dibagi menjadi 2 : a. Pasar persaingan tidak sempurna  b. pasar persaingan sempurna

STRUKTUR PASAR - KONSEP DASAR DAN PEBAHASAN SOAL

STRUKTUTR PASAR DALAM TABEL

Monopoli – Struktur Pasar Persaingan tidak Sempurna

menguasai (seluruh/sebagian besar) suplai suatu barang, maka produsen monopolis dapat menentukan sendiri harga jualnya. Contoh:PLN. PDAM. PT Kereta Api Indonesia.

Duopoli ( Struktur Pasar Persaingan tidak Sempurna) adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. Pasar duopoli dapat dianggap sebagai bentuk pasar oligopoli yang paling sederhana. Ketergantungan antar 2 perusahaan cukup tinggi Contoh: Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex. Baca artikel sebelumnya.

Oligopoli  ( Struktur Pasar Persaingan tidak Sempurna)  :Merupakan bentuk khusus dari persaingan monopolistic yaitu oligopoly dan duopoly. Ciri khasnya: produksi di dominasi oleh “hanya sedikit”  perusahaan. Misal:hanya 3 atau 4 perusahaan raksaksa menguasai sebagian besar (70%-90%) dari pasaran. Dikarenakan ada persaingan ketat, maka Iklan dan promosi akan membentuk persepsi konsumen mengenai perbedaan satu produk dengan produk lainnya (diferensiasi produk). Hal ini dikarenakan pada dasarnya oligopolis menjual barang yang relatif homogen sehingga dapat saling menggantikan (bersifat substitusi walau tidak sempurna). Oleh karenanya, loyalitas konsumen pada satu produk harus dijaga agar tidak berpindah ke produk lainnya.

Sistem harga yang kaku
Karena sifatnya yang hanya terdiri dari beberapa perusahaan, perilaku satu perusahaan menjadi sangat terasa pengaruhnya bagi perusahaan lain, sehingga menimbulkan ketergantungan dari masing-masing strategi atau tindakan yang diambil. Ketergantungan terutama terjadi dalam penetapan harga, dimana penetapan harga yang dilakukan oleh satu perusahaan akan segera diikuti oleh perusahaan lain, sehingga pada akhirnya memunculkan kekakuan harga di tingkat tertentu pada pasar oligopoli. contoh industri yang termasuk dalam kategori ini adalah industri rokok, industri mobil, industri semen, jasa penerbangan dan lainnya.

KINKED DEMAND CURVE – STRUKTUR PASAR OLIGOPOLI

Kekakuan harga

Jika sebuah perusahaan oligopolis menanikkan harganya, maka perusahaan lain dalam industry tidak akan menaikkan harga-harga mereka karena akan kehilangan sebagian besar para pelanggannya. Tetapi bila sebuah perusahaan oligopolis menurunkan harga, maka oligopolis lain akan mengikutinya. Bila seorang oligopolis ingin menaikkan pangsa pasarnya, tidak bisa  melalui penurunan harga, karena oligopolis yang lain akan mengimbangi penurunan harga tadi.

Kurva permintaan lekuk = Kinked demand curve model. Contoh dalam kategori ini adalah industry rokok, industry mobil, industry semen, jasa penerbangan dan yang lainnya. Kurva permintaan CE lebih elastis disbanding EJ.  Karena adanya asumsi bahwa  oligopolis lain tidak  akan menyesuaikan diri terhadap kenaikan harga melainkan terhadap penurunan harga.

Jenis pasar oligopoly Secara umum terdapat dua jenis, yaitu: Oligopoli murni (pure oligopoly)=barang yang diperjualbelikan bersifat identik. Misalnya: semen, air mineral, seng. Oligopoli terdiferensiasi (differentiated oligopoli)
Adalah pasar dengan barang yang homogen namun dapat dfibedakan. Misalnya sabun, sepeda motor, laptop. Baca artikel senelumnya.

Sruktur Pasar – Persaingan Monopolistik:

Pasar dimana terdapat banyak penjual produk dengan diferensiasi. Umumnya terdapat di sector perdagangan eceran dan jasa dalam perekonomian kita. Contoh semua barang yang bermerek: shampoo, sabun, sepatu, air mineral dll. Karena begitu banyak perusahaam maka aktivitas masing-masing tidak mempunyai pengaruh yang jelas terhadap perusahaan lain dalam industry itu. Perusahaan lain dapat memasuki atau meninggalkan industry itu tanpa banyak kesulitan dalam jangka Panjang. Baca artikel sebelumnya.

PERSAINGAN MURNI ( STRUKTUR PASAR PERSAINGAN SEMPURNA)

PERSAINGAN MURNI  (pure competition) nama lainnya= persaingan sempurna = perfect competition= apabila semua pihak benar-benar mengetahui pasar. Contoh barang= perdagangan hasil-hasil pertanianè beras, terigu, kopra, minyak kelapa dsb. Memasuki bidang usaha ini bisa mulai dalam perdagangan kecil & penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa (pertukangan, kerajinan dsb).

Lihat juga artikel di :

https:/jasagurules.com

https://jasagurulesprivat.com

https://bimbelq.com

https://lesprivatbimbel-q.com

https://lesprivat-tk-

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *