BIAYA PRODUKSI

BIAYA PRODUKSI

BIAYA PRODUKSI

KONSEP DASAR DAN PEMBAHASAN SOAL

Biaya produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh produsen untuk membeli input. Input = Faktor-faktor produksi = sumber daya ekonomi. Jika dilihat dari prinsip ekonomi dari sisi produsen, produsen akan meminimalkan input sebagai anggaran yang harus dikeluarkan dalam proses produksi dan memaksimalkan hasil produksi (barang atau jasa) atau dengan kata lain adalah output.  Jadi pokok persoalan ekonomi yag dihadapi oleh produsen adalah : bagaimana sumber-sumber yang terbatas dapat mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Produsen dikatakan berhasil secara ekonomis apabila usahanya itu rendabel atau menghasilkan laba.

INPUT ( BIAYA PRODUKSI ) → PROSES PRODUKSI → OUTPUT

Pengertian biaya dalam ilmu ekonomi diartikan: semua pengorbanan yang perlu untuk sesuatu proses produksi, dinyatakan dalam bentuk uang menurut harga pasar yang berlaku. Pengorbanan yang sesungguhnya adalah pemakaian faktor-faktor produksi atau sumber-sumber ekonomi: bahan-bahan yang habis dipakai, waktu, tenaga dan tenaga yang dicurahkan, peralatan dan mesin terpakai, upak karyawan yang harus dibayar dan sebagainya. Baca artikel sebelumnya.

JENIS-JENIS BIAYA

  1. Biaya tetap (Fixed Cost= FC) ialah biaya yang jumlahnya tetap, tidak bertambah atau berkurang dengan adanya jumlah produk yang dihasilkan. Contoh : sewa bangunan atau sewa tanah tidak bertambah klo jumlah barang yang dihasilkan bertambah banyak.
  2. Biaya Variabel (Variable Cost = VC) ialaha biaya yang jumlahnya berubah-rubah sesuai dengan atau tergantung dari banyak-sedikitnya jumlah produk yang dihasilkan. contoh biaya bahan.

Maka dapat dirumuskan : TC = VC + FC → TC = total Cost. Jika dilihat dari matematika, persamaan ini mirip persamaan garis yaitu : y = mx + c, maka grafiknya adalah sebagai berikut:

BIAYA PRODUKSI : KONSEP DASAR DAN PEMBAHASAN SOAL

kURVA TC = VC + FC | BIAYA PRODUKSI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BIAYA PRODUKSI : KONSEP DASAR DAN PEMBAHASAN SOAL

 

BIAYA TOTAL DAN PENERIMAAN TOTAL : TITIK BREAK EVEN ( BREAK EVEN POINT = BEP)

BEP  = Titik Impas ==> menunujukkan bahwa pada jumlah produksi tertentu tidak ada rugi atau tidak ada laba ( TR = TC), karema jumlah biaya total san jumlah penerimaan total sama besar. Baca juga artikel sebelumnya.

GRAFIK BREAK EVEN POINT

 

 

BIAYA PRODUKSI

BIAYA PRODUKSI – KONSEP DASAR DAN PEMBAHASAN SOAL

Lihat juga artikel di :

https:/jasagurules.com

https://jasagurulesprivat.com

https://bimbelq.com

https://lesprivatbimbel-q.com

https://lesprivat-tk-

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *